Apa Saja Syarat Bisa Dapat Vaksin Booster Dosis Ketiga Secara Gratis Siapa Saja yang Berhak? Ini Penjelasannya

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 19:03 WIB
Kementerian Kesehatan mengatakan masyarakat yang menerima vaksin virus corona (Covid-19) primer dengan jenis Pfizer belum masuk sebagai sasaran penerima vaksin dosis ketiga atau booster di Indonesia. (Haluan Padang/ Tio Furqan)
Kementerian Kesehatan mengatakan masyarakat yang menerima vaksin virus corona (Covid-19) primer dengan jenis Pfizer belum masuk sebagai sasaran penerima vaksin dosis ketiga atau booster di Indonesia. (Haluan Padang/ Tio Furqan)

JAKARTA, AYOMALANG.COM -- Pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga telah dimulai. Vaksin booster ini untuk memberikan ketahanan tubuh yang lebih tinggi terhadap potensi serangan virus Covid-19 yang kini telah muncul beberapa varian baru.

Vaksin booter tahap ketiga juga diberikan secara gratis atau cuma-cuma. Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memulai pemberian vaksin booster pada Rabu 12 Januari 2022. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penerima vaksin booster.

“Penerima vaksin dosis ketiga harus telah menerima dua dosis vaksin Covid-19 primer,” kata Jokowi dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa 11 Januari 2022. Penyuntikan juga harus dilakukan dengan jarak waktu waktu enam bulan dari penyuntikan terakhir dosis kedua.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Aku Anak SD Berani Vaksin Divaksin Download Bingkai Foto Dipasang Medsos Profil WA Facebook IG

Masyarakat prioritas kategori lanjut usia (lansia) sedang disuntikkan vaksin dosis ketiga atau vaksin booster di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Rabu 12 Januari 2022. (Foto: DepokToday/Ade Ridwan)


Perlu dicatat bahwa pemerintah saat ini memprioritaskan penyuntikan booster vaksin untuk kelompok lansia dan kelompok rentan.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet RI, berikut detail syarat penerima vaksin booster:

1. Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi PeduliLindungi;
2. Berusia 18 tahun ke atas; dan
3. Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal enam bulan sebelumnya.

Vaksinasi booster sendiri merupakan vaksinasi Covid-19 yang diberikan setelah seseorang mendapatkan vaksinasi primer dua dosis. Pemberian vaksin dosis ketiga ini diberikan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Studi menunjukkan adanya penurunan antibodi pada enam bulan setelah pemberian vaksin Covid-19 dosis primer secara lengkap. Dengan demikian, dibutuhkan pemberian dosis lanjutan untuk memperpanjang masa perlindungan, terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Booster vaksin dilakukan melalui dua mekanisme. Pertama, pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer. Kedua, mekanisme pemberian vaksin booster dengan jenis vaksin yang berbeda.

Sama seperti vaksin primer sebelumnya, penyuntikan vaksin booster dilakukan secara intramuskular di lengan atas.(**)

Editor: Lucky Nur Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X