MUI Jatim Minta Pria yang Tendang dan Membuang Sesajen Tidak diproses Hukum Dulu, Apa Alasannya?

- Jumat, 14 Januari 2022 | 23:57 WIB
Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur MUI Jatim Minta Pria yang Tendang dan Membuang Sesajen Tidak diproses Hukum Dulu, Apa Alasannya?
Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur MUI Jatim Minta Pria yang Tendang dan Membuang Sesajen Tidak diproses Hukum Dulu, Apa Alasannya?

JAKARTA, AYOMALANG.COM – Tersangka Hadfana Firdaus penendang dan pembuang sesajen di Gunung Semeru telah ditangkap dan dibawa ke Polda Jatim. Ketua Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim KH Makruf Khozin meminta supaya pelaku untuk tidak diproses hukum terlebih dahulu.

Makruf meminta tersangka untuk dibawa ke Lumajang dan difasilitasi untuk dipertemukan dengan warga Dusun Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang terlebih dulu. Daerah tersebut merupakan lokasi kejadian dimana Hadfana membuang dan menendang sesajen dan kemudian menghilang setelah videonya viral.

Makruf mengatakan ada beberapa hal yang membuat warga kesal dan itu harus diklarifikasi apakah maksud dari tersangka menendang dan membuang sesajen dan mengeluarkan beberapa kata-kata yang menurut beberapa orang kurang pantas tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan Pelaku Tendang Sesajen di Gunung Semeru Hadfana Tak Menyerahkan Diri Kirim Pengacara ke Polda Jatim

"Jadi memang seperti yang dibilang sama kawan saya di Semeru, jadi kan yang membuat warga kesal karena mereka memvideo lalu menyebarkan sambil mengata-ngatai syirik, murka Allah datang,” katanya pada Jumat, 14 Januari 2022.

Namun, menurutnya, sebenarnya dari dulu warga telah membuat sesajen. Beberapa diantaranya hilang. ”Mereka ngga tahu entah hilang dimakan hewan atau kena angin itu nggak masalah, tapi tidak ada unsur pelecehan ke warga. Kalau deliknya pasalnya ujaran kebencian, masuk ke ranah itu," terangnya.

Nanti, lanjut Makruf, pada saat pertemuan Hadfana dan warga Dusun Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang berlangsung maka pelaku bisa minta maaf dengan para warga. “Sehingga kejadian ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan,” jelasnya.

Baca Juga: Suku Tengger Demo di DPRD Lumajang Minta Penendang Sesajen Dihukum, Kapolri Bicara Potensi Restorative Justice

Hadfana Firdaus, lelaki penendang sesajen di lokasi Gunung Semeru sudah ditangkap Polda Jatim di Bantul tadi malam, (13/1/2022). (Foto: mitranews.net)

Halaman:

Editor: Lucky Nur Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X