Pria yang Tendang Sesajen Ditangkap Polisi! Hadfana Firdaus Menendang Sesaji Karena Beda Pemahaman Keyakinan

- Jumat, 14 Januari 2022 | 17:07 WIB
Pria penendang dan yang membuang sesajen di Gunung Semeru ditangkap polisi aparat gabungan polda jatim dan DIY Hadfana Firdaus (Foto tangkapan layar)
Pria penendang dan yang membuang sesajen di Gunung Semeru ditangkap polisi aparat gabungan polda jatim dan DIY Hadfana Firdaus (Foto tangkapan layar)

JAKARTA, AYOMALANG.COM -- Terduga pelaku penendangan sesajen di Gunung Semeru, Hadfana Firdaus (32), ditangkap oleh tim gabungan Polisi di daerah Bantul, D. I. Yogyakarta. Pihak kepolisian mengamankan pria tersbut pada pukul 22.30 WIB dan langsung membawa tersangka ke Polda Jatim untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Seperti didapatkan dari keterangan sementara pria yang berasal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, dia menendang dan membuang sesajen dengan alasan spontanitas dan karena perbedaan pemahaman keyakinan.

Baca Juga: Pria yang Tendang Sesajen Ditangkap Polisi! Hadfana Firdaus Menendang Sesaji Karena Beda Pemahaman Keyakinan

Hadfana Firdaus pun menyampaikan permintaan maafnya atas apa yang dilakukannya. "Seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai, jika apa yang kami lakukan dalam video itu dapat menyinggung perasaan saudara kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya," katanya singkat di Mapolda Jatim, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga: Beredar Foto Pria yang Diduga Menendang dan Membuang Sesajen di Gunung Semeru dengan Irwansyah dan Teuku Wisnu

Beredar Foto Pria yang Diduga Menendang dan Membuang Sesajen di Gunung Semeru dengan Irwansyah dan Teuku Wisnu Twitter @santorini

Direskrim Umum Polda Jatim, Kombes Pol Totok Suharyanto mengatakan, pelaku masih menjalani pemeriksaan. "Motif tersangka membuang sesajen tersebut adalah pemahaman keyakinan yang berbeda. Tersangka juga mengakui jika dirinya yang telah menyebarkan video itu ke grup WhatsApp," katanya, Jumat 14 Januari 2022.

Tersangka, lanjutnya, juga mengaku bahwa perbuatannya itu dilakukan secara spontan saat melihat sesajen. "Untuk keterangan sementara, tersangka mengaku melakukannya karena tindakan spontan dan video yang telah viral itu, tersangka mengaku jika dia sendiri yang menyebarkannya ke grup WhatsApp," sambungnya.

Hadfana Firdaus ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama. Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 156 dan 158 KUHP tentang Ujaran Kebencian terhadap Satu Golongan dengan ancaman pidananya 4 tahun penjara.

Halaman:

Editor: Lucky Nur Hidayat

Artikel Terkait

Terkini

X