Amalan di Hari Jumat, Selain Ibadah Ritual, Nabi Muhammad SAW Juga Melakukan Amalan Ini

- Jumat, 14 Januari 2022 | 09:05 WIB
ILUSTRASI: Amalan Nabi Muhamaad SAW di Hari Jumat. (Foto:  Pixabay.com/Jorg Peter )
ILUSTRASI: Amalan Nabi Muhamaad SAW di Hari Jumat. (Foto: Pixabay.com/Jorg Peter )

MALANG, AYOMALANG.COM - Hari Jumat merupakan hari yang mulia di bandingkan hari yang lain. Dimuliakannya hari jumat juga dibuktikan dengan banyaknya amalan-amalan ibadah sunnah yang diamalkan khusus di hari jumat.

Nabi Muhammad SAW juga melakukan amalan-amalan khusus di hari jumat. Tak selalu yang bersifat ritual seperti sholat, wiridan, doa, dan lainnya. Tapi juga melakukan amalan ibadah yang bersifat sosial.

Mengutip laman nu.or.id, Al-Suyuthi dalam kitabnya, ‘Amal Yaum wa Lailah memberikan keterangan sebagai berikut:

Baca Juga: Doa Rasulullah SAW Ketika Memasuki Bulan Rajab dan Amalan Sayyidina Ali Ketika Malam Satu Rajab

ويقرأ بعد الجمعة قبل أن يتكلم: الإخلاص والمعوذتين (سبعا سبعا). ويكثر من الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم سوم الجمعة وليلة الجمعة.ويصلى راتبة الجمعة التي بعدها في بيته لا في المسجد. وما ذا يفعل بعدها؟ ويمشى بعدها لزيارة أخ أو عيادة مريض أو حضور جنازة أو عقد نكاح

Artinya: Nabi SAW membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya.

Baca Juga: Kumpulan Nasihat, Jumat Call Gus Mus Selama Oktober 2021, Penuh Kata-kata yang Bikin Hati Adem

Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid. Setelah itu apa yang dilakukan Nabi SAW? Beliau mengunjungi saudaranya, menjenguk orang sakit, menghadiri penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

Nabi SAW mengajarkan kepada umatnya agar membiasakan membaca surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas sebanyak tujuh kali setelah shalat Jumat, serta memperbanyak shalawat. Usai membaca kalimat suci tersebut dan melantunkan doa, biasanya beliau melakukan shalat sunah di rumahnya.

Halaman:

Editor: Hari Istiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X